" SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI, SEMOGA BERMANFAAT "

Senin, 13 Juni 2016

PTK HERI IRAWAN

JUDUL :
PENINGKATAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT MELALUI  PERMAINAN DAKON PADA SISWA KELAS IV NURUL ULUM GAMBUHAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

ABSTRAK :
HERI IRAWAN.2013. Peningkatan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Bulat Melalui Permainan Dakon pada Siswa Kelas IV MI. Nurul Ulum Gambuhan. Penelitian Tindakan Kelas Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Terbuka Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Purwokerto Pokjar Randudongkal. Pembimbing Drs. Achmad Sudjari, M.Si.
Kata kunci: Permainan dakon, aktivitas siswa

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV  MI. Nurul Ulum Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang dan kurangnya keaktifan siswa serta guru dalam pembelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran guru menggunakan metode  yang monoton dan kurang menarik. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) hanya menggunakan metode ceramah dengan alat peraga yang masih kurang. Berdasarkan hasil analisis terhadap nilai ulangan harian siswa kelas IV  MI. Nurul Ulum Gambuhan pada pembelajaran matematika materi penjumlahan bilangan bulat belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, minimal 80% siswa sudah tuntas belajar. Untuk memecahkan masalah pembelajaran tersebut, peneliti menggunakan media berupa permainan dakon. Permainan dakon dapat memperjelas materi dan menarik perhatian siswa karena mengandung unsur permainan sehingga dapat mendorong tercapainya tujuan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV MI. Nurul Ulum Gambuhan pada mata pelajaran matematika materi  penjumlahan bilangan bulat melalui permainan dakon. (2) Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran penjumlahan bilangan bulat melalui permainan dakon pada siswa kelas IV  MI. Nurul Ulum Gambuhan. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV MI. Nurul Ulum Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang dengan jumlah siswa 25 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus dimana masing-masing siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Penelitian yang dilakukan selama 2 siklus menunjukkan hasil bahwa pembelajaran matematika materi penjumlahan bilangan bulat melalui media permainan dakon pada siswa kelas IV di  MI. Nurul Ulum Gambuhan hasilnya lebih meningkat. Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar matematika, dari 72,86 pada siklus I, menjadi 81,20 pada siklus II. Prosentase ketuntasan belajar siswa meningkat, dari 68% pada siklus I, menjadi 88% pada siklus II. Keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika menunjukkan skor rata-rata 3,43 dengan kategori baik pada siklus I, dan 4,57 atau dengan kategori baik sekali pada siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru dapat menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang dilakukannya dan menemukan pemecahan terbaiknya. Pemecahan yang bisa dipilih adalah pembelajaran yang inovatif yaitu melalui media pembelajaran yang menarik. PTK selengkapnya dapat di download DISINI, Jangan lupa like dan komen dulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar