PENINGKATAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT MELALUI PERMAINAN DAKON PADA SISWA KELAS IV NURUL
ULUM GAMBUHAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013
ABSTRAK :
HERI IRAWAN.2013. Peningkatan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Bulat
Melalui Permainan Dakon pada Siswa Kelas IV MI.
Nurul Ulum Gambuhan. Penelitian
Tindakan Kelas Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Terbuka
Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Purwokerto Pokjar Randudongkal. Pembimbing
Drs. Achmad Sudjari, M.Si.
Kata kunci: Permainan
dakon, aktivitas siswa
Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV MI. Nurul Ulum Gambuhan, Kecamatan Pulosari,
Kabupaten Pemalang dan kurangnya keaktifan siswa serta guru dalam pembelajaran
matematika. Hal ini disebabkan karena
dalam pembelajaran guru menggunakan metode yang monoton dan kurang menarik. Kegiatan
Belajar Mengajar (KBM) hanya menggunakan metode ceramah dengan alat peraga yang
masih kurang. Berdasarkan hasil analisis terhadap nilai ulangan harian siswa kelas
IV MI. Nurul Ulum Gambuhan pada pembelajaran
matematika materi penjumlahan bilangan bulat
belum mencapai ketuntasan belajar
secara klasikal, minimal 80% siswa sudah tuntas
belajar. Untuk memecahkan masalah pembelajaran tersebut, peneliti menggunakan media berupa permainan dakon.
Permainan dakon dapat memperjelas materi dan
menarik perhatian siswa karena mengandung unsur permainan sehingga dapat
mendorong tercapainya tujuan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil
belajar.
Penelitian ini
bertujuan untuk : (1) Meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV MI. Nurul
Ulum Gambuhan pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan bilangan bulat melalui permainan
dakon. (2) Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran penjumlahan
bilangan bulat melalui permainan dakon pada siswa kelas IV MI. Nurul Ulum Gambuhan. Penelitian ini
dilaksanakan pada siswa kelas IV MI. Nurul Ulum Gambuhan, Kecamatan Pulosari,
Kabupaten Pemalang dengan jumlah siswa 25 orang. Penelitian tindakan kelas ini
dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus dimana masing-masing siklus terdiri atas
kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Penelitian yang
dilakukan selama 2 siklus menunjukkan hasil bahwa pembelajaran matematika
materi penjumlahan bilangan bulat melalui media permainan dakon pada siswa
kelas IV di MI. Nurul Ulum Gambuhan
hasilnya lebih meningkat. Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya peningkatan
rata-rata hasil belajar matematika, dari 72,86 pada siklus I, menjadi 81,20 pada siklus II. Prosentase ketuntasan belajar
siswa meningkat, dari 68%
pada siklus I, menjadi 88%
pada siklus II. Keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika menunjukkan skor
rata-rata 3,43 dengan kategori baik pada siklus I, dan 4,57 atau dengan
kategori baik sekali pada siklus II.
Berdasarkan hasil
penelitian disarankan agar guru dapat menemukan kelemahan dalam pembelajaran
yang dilakukannya dan menemukan pemecahan terbaiknya. Pemecahan yang bisa
dipilih adalah pembelajaran yang inovatif yaitu melalui media pembelajaran yang
menarik. PTK selengkapnya dapat di download DISINI, Jangan lupa like dan komen dulu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar