PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI MELAKUKAN OPERASI HITUNG BERBAGAI BENTUK
PECAHAN MELALUI MODEL PROBLEM POSING PADA SISWA KELAS VI SDN 05 KEJENE KECAMATAN
RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
ABSTRAK :
MUKHAMAD KHUJER. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Melakukan Operasi Hitung
Berbagai Bentuk Pecahan Melalui Model Problem Posing Pada Siswa Kelas VI
Semester 2 Sekolah Dasar Negeri 05 Kejene Kecamatan Randudongkal Kabupaten
Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian Tindakan Kelas Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Terbuka Unit Program Belajar Jarak
Jauh (UPBJJ) Purwokerto Pokjar Randudongkal. Pembimbing Drs. Achmad Sudjari,
M.Si.
Kata kunci: Model Problem Posing, hasil belajar siswa, materi
Melakukan Operasi Hitung Berbagai Bentuk
Pecahan
Penelitian
ini bertujuan untuk : 1). Untuk
mengetahui peningkatan aktifitas belajar siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 05
Kejene Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2012/2013 melalui implementasi
model pembelajaran problem posing,
2). Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VI Sekolah Dasar
Negeri 05 Kejene Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2012/2013
pada mata pelajaran matematika materi melakukan operasi hitung berbagai bentuk
pecahan.
Penelitian ini
dilaksanakan di kelas VI
Sekolah Dasar Negeri 05 Kejene Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang dengan jumlah siswa 28 orang. Penelitian
dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, masing-masing siklus terdiri atas kegiatan
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Penelitian ini menggunakan studi tindakan
pada peserta didik kelas VI SD Negeri 05 Kejene . Penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan model problem posing terbukti sangat efektif dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran pada materi melakukan operasi hitung berbagai bentuk pecahan, hal
tersebut didukung dengan data-data sebagai berikut : Pertama, pada tahap pra siklus, pembelajaran matematika materi melakukan operasi hitung berbagai bentuk
pecahan disampaikan dengan metode ceramah dan guru memberikan latihan soal
secukupnya, hasilnya adalah kesiapan dan aktivitas belajar siswa hanya 67,14%, rata-rata
nilai tes 67,68 dan ketuntasan belajar
28,57%. Kedua, pada siklus I
pembelajaran matematika materi melakukan operasi hitung berbagai bentuk pecahan
disampaikan menggunakan model pembelajaran problem
posing, hasil pada siklus ini kesiapan dan aktivitas belajar siswa mencapai 77,14%
dengan rata-rata nilai tes 74,82 dan 64,29% diantaranya siswa sudah tuntas
belajar. Ketiga, pada siklus II
pembelajaran matematika materi melakukan operasi hitung berbagai bentuk pecahan
disampaikan dengan cara yang sama
seperti pada siklus I. Pada silklus ini kesiapan dan aktivitas belajar
siswa mencapai 84,28%, rata-rata nilai tes meningkat menjadi 81,43 dengan
prosentase ketuntasan belajar 85,71%.
Kesimpulan
akhir hasil penelitian menunjukan bahwa dengan model problem posing, kualitas pembelajaran matematika materi melakukan operasi hitung
berbagai bentuk pecahan dapat ditingkatkan. Hal ini ditunjukan dengan
semakin meningkatnya kesiapan belajar dan prestasi belajar siswa pada setiap
siklus. PTK selengkapnya dapat di download DISINI, Jangan lupa sebelum download silakan like dudlu dan tinggalkan komentar.
Lah ujian ujian ujung ujungnya ngambil ijazah pakai duit juga mana ada begitu di kota kebanyakan praktek korupsi di desa desa kecil yg orangnya gampang di bodoh bodohi
BalasHapus